Wednesday, July 11, 2012

Aplikasi Menghitung Angsuran Pembiayan Kredit di Bank (Konvensional atau Syariah)

Kita mungkin dari sedikit penduduk Indonesia yang "Bankable". Maksudnya disini adalah Kita merupakan sedikit dari warga negara Indonesia yang memiliki akses untuk menikmati layanan jasa perbankan Indonesia. Mengingat, masih banyak warga Indonesia yang belum dapat mengakses layanan perbankan, baik karena halangan lokasi (jarak bank jauh dari tempat bermukimnya) maupun pengetahuan untuk memanfaatkan layanan tersebut.

Dari yang sedikit itu masih dapat kita bagi lagi. Setidaknya 2 kelompok besar. Yaitu, orang atau pihak yang dapat menikmati layanan pendanaan (funding) dan pembiayaan (financing), maupun yang "hanya" dapat mengakses layanan funding.


Secara simpel, Funding atau pendanaan, dapat dijelaskan berupa layanan Bank yang diberikan pada masyarakat untuk mengelola dana masyarakat. Misalnya, layanan untuk menyimpan dana tabungan masyarakat, tabungan biasa, giro, tabungan berjangka, deposito, bahkan variasi lainnya seperti Dana Pensiun dan Asuransi. Maklum, sekarang Bank-Bank sedang sangat agresif membentuk produk baru, yang sebenarnya bukan 'domain'nya. Agak maruk gitu deh. Hehehe

Next, pembiayaan atau financing. Bahasa simpel, Ngutang! Nah! Tidak semua orang yang bisa menggunakan layanan ini. Mengapa? Karena tidak semua orang dianggap pantas untuk menerima layanan ini. Mengingat, orang-orang yang ingin menikmati layanan jasa pembiayaan, harus dinilai oleh Bank, dan mendapat predikat "dapat mencicil utang bank-nya".

Bank akan melihat kualitas "Likuiditas" Nasabah Pembiayaan tersebut. Likuiditas merupakan kemampuan nasabah untuk membayar utang jangka pendeknya. Makanya, gak usah heran, kalau Bank hanya mau memberikan utang kepada PNS atau Karyawan Tetap yang punya penghasilan tetap atau Pengusaha yang usahanya udah jalan. Kalau gak punya dua-dua, sangat disarankan memberikan jaminan berupa aset tetap kayak rumah atau mobil. Cukup membawa surat kepemilikannya aja ya, jangan dibawa rumah atau mobil masuk ke Bank juga... :D

Nah, buat kawan-kawan yang ingin menikmati jasa perbankan pembiayaan, dapat menggunakan aplikasi yang saya buat di excel. Bisa dipake untuk Bank Syariah maupun Konvensional. Karena pada dasarnya perhitungan (beberapa) Bank Syariah dengan Konvensional itu sama. Hitung-hitungan yang dipakai pada aplikasi ini hanya untuk Akad Murabahah doang ya?! Maksudnya Akad Murabahah adalah Akad Kredit yang sifatnya Jual Beli. Bank menjual barang ke nasabah dari harga pokok + keuntungan bank, terus totalnya di cicil sesuai dengan kesepakatan. Apakah 24 bulan atau 60 bulan, atau seterusnya?

Aplikasi ini hanya untuk cicilan Fixed alias bukan (bunga) float. Maksudnya apa pula ini?
Fixed artinya bunga atau marginnya tetap. Mekanisme ini yang paling sering dipake sama Bank syariah.
Dan aplikasi ini didesain untuk margin/riba yang sifanya efektif.


Jadi aplikasi ini dapat digunakan untuk perhitungan pembiayaan yang menggunakan Bunga Fixed - Efektif.
Namun, perlu diperhatikan juga, bahwa mekanisme pembayaran yang diasumsikan dalam pembiayaan ini adalah PIRAMIDA TERBALIK.

Apa pulak lagi itu? Kamsudnya adalah nasabah bakalan bayar bunga/margin keuntungan kepada Bank lebih banyak pada awal-awal pembayaran.

Memang agak ribet jelasin semua hal tentang pembiayaan ini, kalo cuma 1 artikel woi.
Kalo kurang jelas bisa ditanya opung gugel.
Intinya awak cuma mau berbagi aplikasi ke kawan-kawan semua.
Dan aplikasi ini aku buat karena aku perlu untuk hitung-hitung utang aku ke salah satu Bank Syariah di Republik ini.

Mohon Doanya cepat lunas ya? Amiiin
:D

Download Aplikasi Penghitung Angsuran Pembiayaan Kredit Fixed - Efektif DISINI
Kalau Link Rusak atau Gak bisa silahkan Download Disini

2 comments:

  1. Download Aplikasi Untuk menghitung kredit bank - Finance Tools V414 - Support anuitas, flat, sliding. Masuk ke menu debitur creditur. Perhitungan otomatis, dengan otput lengkap tabel dan grafik.

    ReplyDelete

:: akuntansi pemerintah akuntansi pemerintahan akuntansi pemerintah indonesia ::
komentar, saran, dan kritik sangat diharapkan untuk menambah kualitas