Wednesday, June 13, 2012

SENJATA APIP Menghadapi Perubahan Paradigma Perannya


Untuk menghadapi perubahan peran dari pemeriksaan menjadi konsultasi dan penjaminan mutu, seorang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) harus memiliki senjata, demikian penekanan Kaper BPKP Lampung, Deni Suardini, dalam sambutan pembukaan Diklat Sertifikasi JFA Pembentukan Auditor Ahli yang dilaksanakan Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Senin, 11 Juni 2012. Diklat ini antara lain untuk meningkatkan kompetensi APIP, dan mengasah senjatanya.

Dalam mendukung program pemerintah yang tercermin dalam penyelenggaraan kepemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik, peran APIP  ditekankan pada konsultasi dan penjaminan mutu. Peran konsultasi dilaksanakan melalui kegiatan bimbingan teknis dan asistensi, sedangkan penjaminan mutu diwujudkan dalam kegiatan monitoring, riviu, audit, dan evaluasi.

Perubahan peran tersebut mempengaruhi perubahan mindset dan cultureset serta metodologi APIP. Untuk itu diperlukan penguasaan ilmu yang luas, keahlian yang mumpuni, dan integritas yang mulia. Kesemuanya itu merupakan senjata APIP dalam menghadapi tuntutan tugas, serta menghadapi perubahan paradigma. Yang antara lain meliputi penguasaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Pengelolaan Manajemen Risiko, Proses Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik. Pemahaman ketiga domain tersebut dapat memberikan keyakinan yang memadai bahwa pelaksanaan program pemerintah dapat berjalan secara efektif dan efisien; menjamin keandalan laporan keuangan pemerintah; pengelolaan aset secara tertib; kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku; serta mengembangkan kemampuan deteksi dini (early warning) untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang mengakibatkan timbulnya kerugian negara.

Beliau menegaskan bahwa kunci sukses merubah paradigma baru APIP adalah berlandaskan hati nurani (god spot) sebagai mahkota pengawasan.

Diklat yang diikuti oleh 33 peserta dari APIP Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung tersebut, dihadiri oleh Kabag TU, Agus Purwoko selaku Ketua Penyelenggara, Kasubag Kepegawaian, Sugianto selaku Sekretaris Penyelenggara, dan beberapa pejabat struktural Perwakilan BPKP Lampung.

Sumber website BPKP

No comments:

Post a Comment

:: akuntansi pemerintah akuntansi pemerintahan akuntansi pemerintah indonesia ::
komentar, saran, dan kritik sangat diharapkan untuk menambah kualitas